Cara Memperbaiki Signal Blackberry

The Dream 4 All - Para pengguna Blackberry tentunya sudah tidak asing lagi dengan status signal di Blackberry nya seperti SOS/edge/EDGE/gprs/gsm/3g. Namun apakah ada yang tau apa pengertian signal tersebut, kebanyakan yang di ketahui hanya signal yang menjadi lemot yang tentu sangat menjengkelkan karna banyak layanan Blackberry yang membutuhkan jaringan internet tidak dapat digunakan seperti Browsing, BBM, Social media dan lain sebagainya. Pada artikel ini akan saya bahas tentang penjelasan tanda signal dan juga solusi untuk perbaikan signal nya pada Blackberry.

signal di blackberry

Tanda Signal SOS Pada BlackBerry
Signal SOP pada Blackberry berarti bb tidak ada signal sama sekali, kemungkinan besar hal ini terjadi karena Anda di satu ruang yang tidak terjangkau signal, misalkan ruangan dengan beberapa lantai di atasnya dan menggunakan beton sehingga signal tidak dapat menjangkaunya. Jika Blackberry dalam kondisi SOS semua aktifitas yang menggunakan jaringan internet tidak akan berfungsi.

Dan cara menangani masalah signal SOS pada Blackberry adalah dengan keluar pada ruang tertutup  tersebut, tapi misalkan posisi Anda di ruang terbuka dan seharusnya cukup signal tapi mengalami hal seperti ini, hal yang harus di lakukan adalah soft reset ata hard reset/restart Blackberry anda. Jika cara tadi masih belum berhasil silahkan lakukan diagnostics test dengan host routing table.

Tanda Signal GSM
Jika Blackberry anda menunjukkan signal GSM berarti saat itu Blackberry hanya bisa di gunakan untuk SMS dan Telepon saja, layanan lain seperti BBM, Email, Browsing, Facebook, Twitter tidak dapat di gunakan atau pending.

Solusi dan cara memperbaikinya tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya yaitu memperbaikin signal SOS, dengan melakukan PING! ke server RIM dan diagnostics test

Tanda Signal Huruf Kecil gprs, edge dan 3g pada Blackberry
Jika Blackberry Anda menunjukkan signal dengan tampilan hurus kecil seperti gprs, egde dan 3g itu berarti di karenakan Anda belum mendaftar paket data Blackberry atau BIS, atau hal tersebut bisa di akibatkan karena terjadi error pada data service jaringan operator sehingga signal yang tadinya GPRS, EDGE dan 3D menjadi gprs, edge dan 3d, hal itu berpengaruh pada kecepatan internet yang sedang Anda gunakan dan tidak bisa melakukan semua fitur Blackberry seperti browsing, chating, .

Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan pendaftaran paket data BIS jika memang belum, tetapi jika sudah melakukan itu sebelumnya Anda bisa melakukan diagnostics test atau pancing signal Blackberry.

Signal BlackBerry Huruf Besar GPRS, EDGE, dan 3G
Jika signal pada Blackberry Anda menunjukan huruf besar GPRS, EDGE, dan 3D itu berarti Blackberry Anda sedang dalam layanan paket data BIS dan itu juga berarti Anda dapat menggunakan semua fitur yang berhubungan dengan internet seperti browsing, chating, email, facebook, twitter, dan lain sebagainya.

5 Responses to "Cara Memperbaiki Signal Blackberry"

  1. klo BB signal nya 3g trus,,,padahal ga ikutan paket gmn tuh mas bro??banting aja yah BB nya,,,,,pisssss
    BTW good info nya thanks mas bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaha...esmosian nih..daripada banting kasih saya aja mas bro nanti jadi bermanfaat, wkwkwk...

      Delete
    2. maksudnya gak ikutan paket seperti apa ? neh cara gampang, di coba restart hp dengan cabut baterai, tetap ga bisa ? coba cara ane 1 neh dah di testi dan work pada bb ane barusan, coba di pilih manual jaringannya dengan masuk ke network, trus pilihan autonya diganti manual nanti ada pilihan jaringan, pilih jaringan salah satu yg sesuai dengan kartu anda.

      Delete
  2. maksudnya ga ikutan paket seperti apa ?

    ane kash cara gampang aja yee :

    coba di restart bbnya dengan cara lepas pasang baterai, bila ttp ga bisa ? coba cara ane neh, pilih jariangan secara manual, caranya masuk ke option, network, ganti pilihan auto dengan manual, muncul pilihan jaringan, pilih salah satu yg sesuai dengan jaringan kartumu, (pabila ada lbh dari 1 yg sama, pilih yg 1 dulu, bila gak bisa pilih yg kedua) dan coba liat jaringan anda jadi 3bbm lg atau EDGE. ane test dan work pada bb 9860 ane. selamat mencoba ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantab sob, terimakasih atas masukan yang sangat bagus ini, dangat membantu.

      Delete